Tuesday, August 14, 2007

Apasih Manfaat Dari Sunat ?

Sunat, tentunya suatu istilah yang tidak asing bagi kita dan bagi kaum adam yang telah beranjak dewasa, rata-rata proses sunat sudah pernah dilakoninya. Jika kita mengaku sering mendengar istilah tersebut dan bahkan telah melalui prosesnya, tahukah anda manfaat dari sunat tersebut?

Saya pernah mendapat pertanyaan dari anak laki – laki berusia 14 tahun mengenai manfaat dari sunat. Percaya atau tidak, pertanyaan anak tersebut ternyata cukup komplit juga :
”Dok, usia saya 14 tahun dan saya belum disunat. Saya ingin tahu apa sebenarnya sunat itu. Bisa tolong dijelaskan, Dok? Seperti: apa sunat itu? apa manfaatnya? dalam hubungan seks nanti ada pengaruhnya atau tidak? lebih baik disunat atau tidak? apakah sunat mempengaruhi besar kecilnya penis nantinya? Juga tolong jelaskan yang lain. Trimakasih Dok”.

Sunat sebenarnya bukan saja budaya di Indonesia saja, akan tetapi juga sudah menjadi sebuah tindakan medis yang mempunyai beberapa manfaat dan dilakukan dimana saja. Tindakan yang dilakukan adalah mengambil sebagian kulit penutup kepala penis (frenulum) sehingga kepala (gland) penis menjadi lebih terbuka. Secara medis tindakan ini dianggap lebih memberikan manfaat yang positif, karena kebersihan di sekitar penis jauh lebih terjaga, apalagi sisa air seni yang tertinggal di sela2 kepala penis yang masih tertutup kulup (smegma) dianggap berpotensi menimbulkan kanker pada penis, sehingga bebeberapa dokter melakukan sunat untuk mencegah terjadinya kanker penis.

Sunat sangat tidak mempengaruhi ukuran penis, tidak membuat semakin besar, juga tidak membuat penis mengecil, tapi yang jelas pada saat berhubungan seks kelak, pria yang disunat lebih menikmati hubungan seks daripada yang belum (tidak) disunat. Sunat bisa dilakukan secara aman pada usia berapapun, semakin muda usia seseorang disunat, risiko tindakan yang dilakukan akan semakin kecil, demikian juga sebaliknya. Nah sekarang jadi tau khan? (dr. iwan).

6 comments:

Firdaus said...

Dok, saya mau tanya.bukan tentang sunat
kenapa ketika melihat seorang wanita berpakaian minim atau duduk berdekatan dengan wanita seksi mudah keluar cairan dari kemaluan?
itu penyakit bukan? apakah itu masalah? kalau masalah bagaimana cara mengatasinya? mohon dibalas ke e-mail saya. firdausmuhammad2@gmail.com

sulaimand el fahim said...

dok jawaban pertaxan said...
kirim juga dong dok ke
fafelay@yahoo.com..thx dok

Unknown said...

dok saya laki2 19 th. Saya tidak disunat. Yg saya tanyakan. Pd kepala penis bagian bwah ada benjolan keras pda bagian kiri dan kanan,tidak sakit,tidak gatal,tidak nyeri. Itu apa dok!

galleri gambar said...

selamat siang dokter

saya untung umur 30

akan menjalanin sunat metode laser

pertanyaannya

membutuhkan berapa lama untuk sembuh
dan apakah ada efek samping menggunakan metode laser untuk seusia saya .

terima kasih banyak dokter

cintali87@yahoo.com

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Fakta sunat tidak ada manfaatnya atau nihil. Semua manfaat yang dijabarkan berbanding terbalik dengan faktanya

infonya disini:
https://m.facebook.com/FaktaSunat/?locale2=id_ID