Monday, August 20, 2007

Dok, Kenapa Dengan Menstruasi Saya?

Kenapa setiap menstruasi (mens) selalu dilalui dengan rasa sakit? Karena pada saat itu terjadi pelepasan dinding sebelah rahim, sehingga menimbulkan rasa tidak enak sampai nyeri hebat di daerah perut.


Apakah harus selalu minum obat setiap sakit saat mens? Prinsipnya selama masih bisa menahan rasa sakit tidak perlu minum obat penghilang rasa sakit, tapi kalau kamu sudah tidak tahan... apa bole buat, asal ngga’ keseringan.

Umur saya sekarang 15 tahun, kenapa mens saya datangnya kadang sebulan sekali, tapi kadang samapi 3 bulan baru mens lagi, gimana nich? Memang pada awal – awal mulai pertama muncul mens pada wanita, seing terjadi ketidakteraturan siklus, tapi jangan khawatir lama – lama pasti akan teratur.

Setiap saya mens, kok jerawatan ya padahal sebelumnya ngga’ lho? Jerawat merupakan produk hormon yang dipicu pada saat mens, jadi masih wajar dan ngga’ perlu khawatir, nanti juga akan sembuh sendiri. OK? (dr. iwan)

5 comments:

shanmei said...

dok, saya sekarang berumur 27 tahun, kenapa ya dengan mens wa??
sekarang ini datangnya selalu telat dan kalo pas datang mens selalu sedikit.yang pengen wa tanyain kenapa ya bisa begitu???apakah bisa terjadi menopause dini???

Unknown said...

dok,saya mau tanya.ibu saya berusia 46 th,akhir2 ini dia sering telat mens,kadang telat 1 ato 2 bulan, mensnya pun cuama sedikit2. pertanyaan saya:
1)apakah ibu saya sudan mau menopous???
2)sekarang ini ibu saya telat lagi hampir 2 bln.apakah ada kemungkinan ibu saya akan hamil lagi???? mengingat ibu saya KB spiral 9 tahun dari tahun 2003 dan ini baru 7 tahun.

Unknown said...

dok,saya mau tanya.ibu saya berusia 46 th,akhir2 ini dia sering telat mens,kadang telat 1 ato 2 bulan, mensnya pun cuama sedikit2. pertanyaan saya:
1)apakah ibu saya sudan mau menopous???
2)sekarang ini ibu saya telat lagi hampir 2 bln.apakah ada kemungkinan ibu saya akan hamil lagi???? mengingat ibu saya KB spiral 9 tahun dari tahun 2003 dan ini baru 7 tahun.

linda said...

dok, saya berumur 27 tahun, terus saya sudah berrumahtangga 4 tahun kendala saya ko kenapa sampai sekarang saya belum pernah mengalami menstruasi seperti layak nya yang di alami wanita normal dan juga kalaw melakukan hubungan intim sama suami sperma suami saya gak pernah masuk ke dalam rahim saya kenapa seperti itu ya dok?

hamba Allah said...

hallo dok, saya mau tanya mengenai kejanggalan yang dialamai saudara saya. dia bercerita kalau 2 bulan terakhir sehabis melakukan hubungan intim dengan suaminya, keesokan harinya dia keluar darah haid berhari - hari. selain itu juga merasakan nyeri saat melakukan hubungan intim. sebelumnya dia memiliki riwayat penyakit kista tetapi sudah sembuh. tetapi setiap bulan dia selalu mendapatkan periode mentruasi dua kali sebulan. kira kira apa yang di alami saudara saya ya dok. mohon penjelasannya. trims :)