Friday, August 31, 2007

Onani, apakah bisa menyebabkan kebutaan?

Tidak bisa dipungkiri kalo banyak pria maupun wanita yang sering melakukan onani maupun masturbasi. Onani atau masturbasi merupakan kegiatan perangsangan diri sendiri hingga mencapai kepuasan. Sebenarnya dari segi kedokteran tidak benar onani bisa menyebabkan kebutaan, kegilaan, kemandulan atau gangguan saraf. Tapi secara psikologis bisa menimbulkan perasaan berdosa, malu, dan tertekan.

Bagi wanita meskipun masturbasi tergolong beresiko rendah, ada beberapa dampak dari masturbasi :

1.Robeknya selaput dara dan terjadi infeksi apabila dilakukan dengan menggunakan alat.
2.mengalami lecet apabila dilakukan secara terus menerus dana menggunakan alat bantu.
3.Masturbasi merupakan tindakan mencapai kepuasan sendiri, sementara hubungan seks suami istri yang dicapai adalah kepuasan bersama, sehingga jika terbiasa melakukan aktivitas seksual untuk kepuasan pribadi akan sulit ketika melakukan aktifitas seksual untuk kepentingan bersama.
4.Menimbulkan perasaan bersalah atau berdosa karena dilarang agama atau norma.
5.Mengakibatkan pikiran lebih tertuju kepada aktifitas seksual, sehingga bisa jadi mengabaikan hal-hal penting lainnya yang harus dilakukan untuk mengembangkan kematangan psikologisnya (bergaul, belajar, beraktivitas positif dan produktif).



Namun demikian, sebagai jalan keluar paling terakhir yang dapat dilakukan untuk menyalurkan dorongan seksual adalah onani atau masturbasi. Hal ini perlu dijelaskan kepada remaja, bahwa mereka harus berupaya sekuat tenaga, namun jika masih sulit, onani atau masturbasi dapat menjadi pilihan terakhir untuk menyalurkan dorongan seksual.


Cara menghentikan kebiasaan Masturbasi :

1.Memperkuat daya kemauan. Ini hanya mungkin jika memang kita secara jujur dan tulus hendak melepaskan diri kebiasaan ini.
2.Berdoa dengan penuh penghayatan dan mendekatkan diri pada Tuhan. Sehingga dapat meningkatkan kekuatan keimanan yang membentengi dari perbuatan yang sia-sia.
3.Pahami perilaku seksual (motif, sumber perilaku, faktor-faktor pencetus), sehingga kita bisa lebih menyadari rangsangan-rangsangan dari diri dan lingkungan yang dapat meningkatkan dorongan seksual dan melemahkan pengendalian diri, dan menggantikannya kepada bentuk perilaku lain yang lebih produktif. (misalnya : menghindari sendirian dikamar, menghindari gambar-gambar porno, berduaan dengan pacar, menggambar atau menulis dll).
4.Mencari kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luang, mengembangkan diri serta menyalurkan energi psikis kepada hal-hal yang positif/produktif. Misalnya : olahraga, seni, dll.
5.Jagalah makanan. jangan makan makanan yang pedas dan panas yang dapat merangsang dorongan seksual, misalnya daging kambing. (dr. iwan)

13 comments:

putri_angga said...

dokter,,, sebenernya blog dokter bagus lohh... tapi kenapa 'sepi-gak ada yang komentar-"
dokter suka blogwalking gak?
oh ya, saya blogroll boleh ya.
sebelumnya salam kenal dulu.

Faizal Amri said...

Bener Pak Dokter, Blog bapak mendidik banget. Seandainya ada yang berkomentarkan pak doktor jadi lebih tau apa yang akan di bahas nantinya pada postingan selanjutnya. Hay para blogger tercinta ayo Ungkap semua rahasia SEX biar tidak menjadi tabu lagi dan tidak ada hamil diluar Nikah. Maaf sebelumnya bukannya saya munafik tapi saya pengin nantinya adik-adik saya tidak berkelakuan yang menyimpang.

adam brown said...

Hello I just entered before I have to leave to the airport, it's been very nice to meet you, if you want here is the site I told you about where I type some stuff and make good money (I work from home): here it is

HaVen said...

DokTerrrr Iwan..
di sini Hadi,smoga masih ingat..
ga nyangka skrg dah ada website sendiri..
website yang menurut saya sendiri sangat berguna bagi remaja jaman sekarang..
semangaat.. smg sukses slalu...

Admin said...

dok kalau bisa untuk kolom yang di bagian komentar yang ada di pengaturan di setting "siapapun termasuk pengguna anonim" biar kita bisa saling kunjung antara sesama blogger??

penjual dildo indonesia said...

KONSULTASI LANGSUNG DENGAN DOKTER :
1. tips-wanita-tanpa-pasangan-mendapatkan-kepuasan
2. http://www.blogdokter.net
3. http://doktersehat.com
4. konsultasi-seks-dan-keperawanan
5. majalahdewadewi.wordpress.com

FRIENDSTER SAYA
BLOG SAYA

ABDI_D_I said...

dok, hanya sekedar saran aja... kalo bisa backgruond di bloknya di ganti dong.. soalnya tulisan artikel dokter jadi sulit untuk di baca.

cewek said...

dok..saya mulai masturbasi saat tidak sengaja mendapati orangtua saya lagi berhubungan intim pada saat duduk di bangku SMP 2.dan setahun kemudian saya mulai melakukan masturbasi sampai sekarang(10 tahun lebih).dan pas saya punya pacar, kami sering melakukan "petting".apakah tindakan saya ini berbahaya dan dapat menyebabkan kehamilan? memang benar seperti kata dok, masturbasi menyebabkan saya tidak pede dan merasa berdosa, dan juga ketakutan akan rusaknya selaput dara sehingga menyebabkan tidak bisa hamil.plz kalo bisa jawab pertanyaan saya ini.
karena selama ini saya tidak berani tanyakan ke siapapun.bisa juga dijawab ke email saya.

niken said...

JADIKAN HANDPHONE KAMU VIBRATOR

Aku mau share info nih :
bagi kamu yg kesulitan buat cari vibrator / seks toy,
jadikan saja HP kamu vibrator, download sofwarenya di :

"http://www.getjar.com/products/26160/Vibrator"

atau

"http://www.getjar.com/products/13285/MasturbatorPro"

Vibrator in your mobile. Warning! This may be very pleasurable…
by: "http://profiles.friendster.com/47050029"

EXceed_indonesia said...

Iy... Ayo ungkapkan rahasia anda, dokter iwan akan menjawab semua masalah anda semampunya...

SALAM KENAL YA DOK...!

O iya dok... Bgaimn caranya agar qt tidak melakukan Onani?
Di jawab yach...

Asridinho said...

Dok ma kasih atas infonya...
tp saya heran dok wlwpun saran dokter udah saya coba tp msh aja saya begitu....
kira2 langkah yg baek gmn ya?????

Midnight77 said...

Dok tolong jawab , ? Saya sering melakukan onani tapi semenjak 6 bulan yg lalu saya tidak melakukanya lagi ,
, setelah saya berulang thun ke 13 , 08 agustus saya melakukan onani lagi , dok apakah onani , mempunyai efek samping , dan apa benar bisa menyebabkan kemandulan atau anak autis...!
Terimah kasi...!

Suwondo Kasno said...

Dok saya punya adik sering sakit di bagian saluran alat vitalnya jga kadang sampai di kantung bawah alat vitalnya itu sdh di rasakan beberapa bulan saya sdh usulkan ke dokter tpi adik saya malu,.. dia sakit apa dok??? tlong di jawab thanks!!!